cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo cara menghilangkan jerawat cara menghilangkan bekas jerawat cara menghilangkan komedo download clash of clans for pc download clash of clans for pc cara alami menghilangkan ketombe Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Dengan Cepat berbagai cara menghilangkan bau badan cara menghilangkan bau mulut secara alamipagar rumah minimalis desain rumah sederhana modern interior design rumah minimalis sederhana model rumah sederhana teras rumah minimalis umpan ikan mas umpan ikan bawal umpan ikan nila umpan ikan lele umpan ikan patin umpan ikan gejala penyakit jantung ciri ciri penyakit jantung gejala sakit jantung penyakit jantung koroner ciri penyakit jantung penyebab penyakit jantung penyebab kanker serviks gejala kanker serviks ciri ciri kanker serviks gejala kanker otak ciri ciri kanker otak cara menurunkan berat badan cara meninggikan badan cara mengatasi rambut rontok cara mengatasi keputihan cara berhenti merokok cara menghilangkan bau kaki cara menghilangkan panu cara menghilangkan karang gigi cara menurunkan kolesterol cara mengatasi insomnia cara bermain gitar cara belajar gitar cara bermain catur cara bermain rubik belajar bermain gitar cara bermain drum cara bermain piano cara bermain clash of clans tips bermain clash of clans cara main clash of clans cara memainkan gitar

PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTETIK DEDUKTIF DENGAN MEDIA RIIL DAN MEDIA VIRTUIL DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ANALITIS DAN GAYA BELAJAR SISWA

Fathur Rohim

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh pembelajaran model siklus belajar hipotetik deduktif dengan Media Riil dan Media Virtuil terhadap prestasi belajar Biologi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro tahun pelajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII D menggunakan Media Riil dan kelas VIII B dan VIII C  menggunakan Media Virtuil. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif, afektif, psikomotor, serta Kemampuan Penalaran Analitis, dan metode non tes berupa angket untuk data Gaya Belajar dan lembar observasi untuk data afektif dan psikomotor. Teknik analisa data menggunakan anava dengan desain faktorial 2x2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh pembelajaran model siklus belajar hipotetik deduktif  dengan Media Riil dan Virtuil terhadap prestasi belajar kognitif, dan psikomotor, tetapi memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar afektif, 2) tidak terdapat pengaruh Kemampuan Penalaran Analitis terhadap prestasi belajar  kognitif, afektif, dan psikomotor, 3) tidak terdapat pengaruh Gaya Belajar siswa terhadap prestasi belajar  kognitif, afektif  dan psikomotor, 4) terdapat interaksi antara penggunaan Media Riil dan Virtuil dengan Kemampuan Penalaran Analitis terhadap prestasi kognitif siswa, 5) terdapat interaksi antara Media Riil dan Virtuil dengan Gaya Belajar Kinestetik dan Visual terhadap prestasi kognitif  siswa, 6) terdapat interaksi antara Kemampuan Penalaran Analitis dengan Gaya Belajar siswa terhadap prestasi kognitif siswa, 7) tidak terdapat interaksi antara Media (Riil dan Virtuil), Kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar siswa terhadap prestasi kognitif siswa.

Kata kunci: Hipotetik Deduktif, Kinestetik, Visual

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.